Minggu, 09 Juni 2013

Definisi Pendidikan, IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial), dan Pendidikan IPS



A.    Definisi Pendidikan
Pendidikan menurut para ahli :
1.      Pendidikan menurut Langeveld [1]
Pendidikan ialah setiap usaha, pengaruh, perlindungan dan bantuan yang diberikan kepada anak yang tertuju kepada pendewasaan anak itu, atau lebih tepat dikatakan membantu anak agar cukup cakap dalam melaksanakan tugas hidupnya sendiri.
2.      Pendidikan menurut Ki Hajar Dewantara [2]
Pendidikan yaitu tuntutan di dalam hidup tumbuhnya anak-anak, adapun maksudnya, pendidikan yaitu menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak itu, agar mereka sebagai manusia dan sebagai anggota masyarakat dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi -tingginya.
3.      Pendidikan menurut Driyarkara [3]
Pendidikan adalah pemanusiaan manusia muda atau pengangkatan manusia muda ke dalam taraf  insani.
Rujukan :
[1] Langeveld (terj.), 1971. Paedagogik Teoritis / Sistematis. Jakarta : FIP-IKIP
[2] Suwarno. 1985. Pengantar Umum Pendidikan. Aksara Baru. Jakarta.
[3] Driyarkara. 1950. Driyarkara Tentang Pendidikan. Yayasan Kanisius, Yogyakarta.

B.     Definisi IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial)
IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) menurut para ahli :
1.      Somantri (Sapriya:2008:9)
IPS adalah penyederhanaan atau disiplin ilmu ilmu sosial humaniora serta kegiatan dasar manusia yang diorganisasikan dan disajikan secara ilmiah dan pedagogis/psikologis untuk tujuan pendidikan.
2.    Mulyono Tj. (1980:8)
IPS adalah suatu pendekatan interdisipliner (inter-disciplinary approach) dari pelajaran ilmu-ilmu soial, seperti sosiologi antropologi budaya, psikologi sosial, sejarah, geografi, ekonomi, politik, dan sebagainya.

3.      Moeljono Cokrodikarjo
IPS adalah perwujudan dari suatu pendekatan interdisipliner dari ilmu sosial, IPS merupakan intergrasi dari berbagai cabang ilmu sosial yakni sosiologi, antropologi budaya, psikologi, sejarah, geografi, ekonomi, ilmu politik dan ekologi manusia yang diformulasikan untuk tujuan intruksional dengan materi dan tujuan yang disederhanakan agar mudah dipelajari.

C.    Definisi Pendidikan IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial)
Pendidikan IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) menurut para ahli :
1.      Nu’man Soemantri
Pendidikan IPS terbagi menjadi 2, yakni Pendidikan IPS di persekolahan dan Pendidikan IPS di perguruan tinggi. Pengertian Pendidikan IPS yang berlaku untuk pendidikan dasar dan menengah adalah penyederhanaan/adaptasi dari disiplin ilmu-ilmu sosial dan humaniora, serta kegiatan dasar manusia yang diorganisasikan dan disajikan secara ilmiah dan paedagogis/psikologis untuk tujuan pendidikan. Yang dimaksud dengan penyederhanaan diatas adalah tingkat kesukaran bahan sesuai dengan tingkat kecerdassan dan minat peserta didik. Sedangkan pengertian Pendidikan IPS yang berlaku untuk perguruan tinggi adalah seleksi dari disiplin-disiplin ilmu sosial dan humaniora, serta kegiatan dasar manusia yang diorganisasikan dan disajikan secara ilmiah dan paedagogis/psikologis untuk tujuan pendidikan.
2.      Dr. Nursid Sumaatmadja
Pendidikan IPS adalah suatu mata pelajaran yang kajiannya fokus pada seperangkat peristiwa, fakta, konsep, dan generalisasi yang berkaitan dengan isu sosial.

0 komentar:

Poskan Komentar